Sarana silaturahmi rekan-rekan Secaba PK VI lulusan Rindam Ifar Gunung, semoga dapat memperkuat kebersamaan kita, dan mengingatkan kita dari mana kita dilahirkan

Jumat, 21 September 2018

Kesdam XVI/Ptm gelar test kesehatan Casis Bintara PK TA. 2018


batara99ifargunung- Ratusan  Peserta calon Bintara PK tahun 2018 wilayah Kodam XVI/Patimura (Ambon)  Mengikuti test kesehatan yang digelar di aula Kesdam XVI/Patimura (30/8/18).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan sebagai persyaratan dalam mengikuti seleksi penerimaan Calon Bintara PK Reguler tahun anggaran 2018. Sebelum melaksanakan test kesehatan para calon Bintara tersebut sudah dinyatakan lulus administrasi saat pendaftaran dan berhak mengikuti tes kesehatan.
Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan mencakup Aspek-aspek diantaranya, mulai pemeriksaan tensi darah, postur tubuh secara keseluruhan, kesesuaian antara tinggi dan berat badan, kemudian ada tidaknya luka bekas operasi, dan sikap tubuh saat berdiri. Selanjutnya dilakukan per bidang mulai dari kesehatan telinga, hidung, mulut, gigi, mata, parikokel, bagian alat vital hingga sistem-sistem kesehatan dalam tubuh semuanya diperiksa.


Tes kesehatan merupakan tes yang paling banyak menggugurkan calon Tentara karena seleksinya sangat ketat. Serangkaian tes kesehatan yang dilaksanakan tersebut adalah cara untuk memilih calon-calon prajurit TNI yang unggul baik fisik dan kejiwaan. 

Perlu diketahui bahwa seorang anggota TNI dituntut untuk memiliki kesehatan yang sempurna, mengingat beratnya tanggung jawab yang harus diemban terutama yang bertumpu pada kekuatan fisik. Sehingga proses seleksi penerimaan anggota pun dilakukan dengan sangat ketat. Berbagai standar kesehatan harus dipenuhi pendaftar mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, sehingga kebugaran dan kondisi fisik seorang calon anggota TNI benar-benar mumpuni. (**Ir-Use** 99)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar