Sarana silaturahmi rekan-rekan Secaba PK VI lulusan Rindam Ifar Gunung, semoga dapat memperkuat kebersamaan kita, dan mengingatkan kita dari mana kita dilahirkan

Kamis, 06 September 2018

ASAL & ARTI KATA "LETING"




batara99ifargunung- Didalam organisasi TNI, Polri maupun organisasi yg sedikit berbau militer pastilah menerapkan sistem senioritas. Setelah pangkat pasti yg dilihat adalah angkatan atau biasa disebut "Leting".

Lantas.. ente-ente tau kagak nih asal kata Leting beserta artinya?


Nah disini ane mau jelaskan dikit tentang apa itu “Leting” berdasarkan pengetahuan ane..

Oke cuy.. langsung aja.. kalau ente- ente buka tuh di kamus Bahasa Indonesia Kata Leting ini mempunyai arti yang pertama tiruan bunyi dawai gitar atau mandolin yang dipetik, lanjut yang kedua berarti meloncat-loncat (seperti ikan dalam bakul).

Hal ini berbeda lagi di dalam organisasi militer cuy.. Yang ane tau nih, Leting itu berasal dari kata "Lichting" diambil dari bahasa belanda yg artinya "Class" dalam bahasa inggris. (bukan berarti ane bisa bahasa belanda lho)..

Penjabarannya "Lichting" itu adalah kelompok prajurit yang mengalami latihan militer bersama-sama. Kata ini juga digunakan untuk kelompok lain yang mulai suatu proses secara bersamaan, contohnya seperti kelas di sekolah. Kata ini juga biasanya digunakan untuk menunjukkan tahun angkatan. Contohnya: Leting Bintara PK tahun 1999 berarti mereka yang memulai proses/sekolah/latihan militer pada tahun 1999. (yaaaa seperti ane & rekan- rekan ane di Ifar Gunung sono hehehehehh).

Namun ada juga yang bilang kalau leting itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita, kemana-mana selalu bareng (tapi kagak tidur bareng lho, itu namanya homo kallleee…)
 
Kesimpulannya nih, Leting itu adalah teman dalam suka dan duka, orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena pada dasarnya manusia itu selalu hidup berkelompok. Tiada manusia yang dapat hidup dalam kesendirian. Apabila ada, maka manusia tersebut benar-benar mahluk yang agak aneh dan bisa dikatakan sebagai tarzan model baru… (Ir.Use 2199**)

1 komentar: